Manfaat Teknologi dan New Media


      Dengan berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi saat ini. Banyak ilmuwan yang berlomba-lomba menciptakan teknologi mutakhir agar bisa memudahkan manusia. Berkat para ilmuwan tersebut, kini kita bisa menggunakan teknologi dengan mudah. Jika para ilmuwan tidak berkembang, otomatis teknologi yang kita gunakan tidak semudah sekarang. Seperti teknologi yang ada di keseharian kita. Pada awalnya diciptakan, teknologi yang biasa kita gunakan seperti televisi atau komputer akan sulit dioperasikan.

Teknologi dan New Media

     Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

Manfaat Teknologi

Manfaat Teknologi Informasi di Berbagai Bidang Kehidupan

    Manfaat teknologi informasi bisa dirasakan dalam berbagai bidang. Dalam bidang telekomunikasi, dunia bisnis, dunia perbankan, dalam dunia pendidikan, hingga kesehatan. Kemajuan dan inovasi yang terjadi secara terus menerus ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Manfaat Teknologi Informasi dalam Dunia Telekomunikasi

          Manfaat teknologi informasi tentunya sangat berpengaruh terhadap dunia telekomunikasi. Jika dulunya kamu hanya bisa berkomunikasi dari mulut ke mulut, yang kadang membuat informasi yang disampaikan dari orang ke orang bisa berbeda. Kini, kamu sudah bisa menggunakan berbagai macam teknologi. Saat orang-orang mulai mengenal surat menyurat, informasi yang didapat mungkin akurat akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dalam penyampaiannya. Selanjutnya penemuan telegraf lalu telepon menjadi cikal bakal majunya teknologi informasi. Kamu bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai ke mancanegara. Hingga sekarang kamu sudah bisa merasakan kemudahan dalam berkomunikasi melalui media sosial yang ada di smartphone ke semua orang yang ada di seluruh dunia.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan

            Manfaat teknologi informasi dalam dunia pendidikan tentunya sangat membantu proses belajar mengajar. Seperti yang sudah pernah kamu rasakan, kegiatan belajar mengajar tak jauh-jauh dari peran buku. Semua hal yang kamu tuliskan untuk keperluan referensi bahan ajar dan pembuatan tugas-tugas sekolah bersumber dari buku. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi informasi kamu bisa memanfaatkan media internet atau sering disebut e-learning untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang mungkin tidak bisa kamu temukan di buku. Selain itu dalam hal pendaftaran sekolah yang dahulunya harus datang langsung ke sekolah yang diinginkan, sekarang sudah mulai menerapkan registrasi berbasis online yang dinilai sangat menghemat waktu dan lebih efisien. Bahkan sekarang ada universitas yang memberikan fasilitas belajar mengajar jarak jauh. Melalui perantara internet, kamu sudah bisa terhubung dengan dosen tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Komponen New Media

        Pada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan  agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah dengan adanya produsen, distributor dan konsumen

Manfaat New Media

Sebagai Media transaksi jual beli

          Membangun Bisnis, setiap bisnis saat ini harus memiliki satu atau empat halaman di media sosial, yang di mana untuk melayani semua berbagai jenis pembeli. Hal ini sangat membantu kamudalam membangun bisnis, tetapi juga dapat merusak reputasi, jika kamu melakukan beberapa kesalahan.

Sarana Pendidikan

            Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis

Selalu Tahu Kabar Terkini

              Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.

Sebagai media hiburan 

              contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll


Sumber:

 https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

 https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3882737/9-keuntungan-utama-dari-media-sosial-generasi-milenial-wajib-tahu

Komentar